Kirana Edutainment Park Contoh kolaborasi antara pemerintah kalurahan Karangsari dengan Investor

By Kim Jong Un 07 Mar 2024, 08:11:08 WIB Sekitar Kita
Kirana Edutainment Park Contoh kolaborasi antara pemerintah kalurahan Karangsari dengan Investor

Keterangan Gambar : Rombongan Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa/Kalurahan


(KIM MS News) Kirana Edutainment Park merupakan sebuah contoh inisiatif yang menonjolkan kolaborasi antara pemerintah kalurahan Karangsari dengan investor untuk meningkatkan pariwisata lokal dengan melibatkan secara langsung warga sekitar. Mini Zoo dan Camping Ground yang disediakan tidak hanya akan menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat, tetapi juga menjadi magnet bagi wisatawan yang mencari pengalaman berbeda di Wilayah Karangsari

selain itu Si ABu dan SiAp PaK menjadi juga menjadi andalan Kalurahan Karangsari dalam menerima Kunjungan Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa/Kalurahan tingkat Kabupaten Kulon Progo, pada hari Senin 04-3-2024. Si ABu adalah singkatan dari Sistem Akuntansi BUMDesa sedangkan SiAp PaK adalah Sistem Aplikasi Pamong Kalurahan.Dua sistem yang dikembangkan oleh Pemerintah Kalurahan Karangsari bersama Tim GoKU merupakan salah satu usaha Pemerintah Kalurahan Karangsari dalam penerapan Reformasi Birokrasi  Kalurahan. Setidaknya dalam tahun 2024 ini sudah mulai menerapkan Pengembangan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Penguatan Digitalisasi Kalurahan, dan Pengembangan Inovasi Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik Kalurahan.

Rombongan Tim Juri yang diterima oleh Panewu Pengasih didampingi Lurah Karangsari beserta pamongnya. Rombongan datang ke Kalurahan Karangsari Pukul 09.00 wib. Setelah Acara Sambutan dan selamat Datang dilanjutkan dengan Ceremony Pelepasan Burung Merpati sebagai wujud Soft Launching Si ABu dan SiAp PaK. Tahap Klarifikasi Lapangan Lomba Desa Kali ini adalah memeriksa kebenaran Dokumen dan Data yang dipresentasikan oleh Lurah pada 19-02-2024 yang lalu. Tutur Triyanto Raharjo, S.Sos, M.Si  selaku Plt. Panewu Pengasih dan nanti akan dilanjutkan kunjungan ke Lokasi Sample di Posyandu Josutan dan pelepasan Rombongan di Kirana Edutainment Park Mini Zoo dan Camping Ground tegasnya.

Baca Lainnya :

    Lomba Desa bukanlah sekadar proses teknis, tetapi juga merupakan refleksi dari upaya serius untuk memahami esensi dan potensi desa. Tim Juri meihat serta menilai sejumlah kriteria yang telah ditetapkan, termasuk kreativitas, keberlanjutan, inovasi, dan dampak sosial dari berbagai program atau kegiatan yang dilakukan oleh Kalurahan Karangsari selama ini.Setelah Klarifikasi Dokumen dan data yang ada di Kantor Kalurahan Karangsari dan kunjungan di Lokasi Sample di Posyandu Josutan. Rombongan Tim Juri transit di Kirana Edutainment Park Mini Zoo dan Camping Ground.

    Ada beberapa koreksi dari Tim Juri Lomba Desa/Kalurahan terutama admnistrasi di beberapa Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan. Untuk Inovasi Teknologi yang dapat direplikasi Kalurahan Karangsari sudah tidak diragukan lagi penjelasan dari Susilo Ariwibowo selaku Ketua Rombongan Tim Juri dalam penyampaian Pesan dan Kesan, dan langsung ditanggapi oleh Mujirin selaku Lurah. Bahwa kalurahan Karangsari Siap untuk maju Lomba Desa/ kalurahan untuk mewakili Kulon Progo di tingka selanjutnya. Tutup Mujirin. Saat melepas Rombongan Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa/Kalurahan kembali ke OPD masing-masing.




    Write a Facebook Comment

    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    View all comments

    Write a comment